Minggu, 19 Oktober 2014

Tips & Trik Membuka Usaha by Nicky Kanoki


Siapa yang tak kenal dengan Nicky Kanoki,Pemuda penuh semangat kelahiran 22 Juli 1987 yang mempunyai banyak prestasi yang membanggakan Indonesia. Seorang praktisi di bidang pendidikan, penulis buku, trainer, coach, dan entrepreneur muda yang sukses sekaligus peraih prestasi mampu menghafal puluhan kosa kata dalam hitungan detik.
Terlahir sebagai seorang anak dari kaki gunung Ciremai yang sejuk, dan dibesarkkan di lingkungan pendidikan, tepatnya Darussalam Gontor menyebabkannya mudah dalam memahami banyak materi. Pendidikan yang diselesaikannya di Malaysia telah membantu menguatkan skillnya dalam bidang menghafal cepat.
Alhamdulillah pada hari Rabu, 5 Oktober 2014 beliau hadir di Kampus Umar Usman untuk mmberikan coaching bisnis kepada kami yaitu tentang bagaimana cara jitu memulai Usaha yang tepat.
Sebelum masuk ke materi Mr. Nicky menanamkan OASIS kepada kami,apa itu OASIS???
O+A+S+I=S => Optimis + Amalan + Sedekah + Ikhtiar = Sukses
Artinya untuk sukses kita harus selalu Optimis(Yakin kepada Allah),menjalankan amalan-amalan sholeh seperti Sholat 5Waktu,Sholat Tahajjud,Sholat Dhuha,Puasa Sunnah,Berbakti kepada orangtua,dll.Dan yang tak kalah pentingnya yaitu Sedekah dan Ikhtiar. Ketika 4 hal itu kita sudah kita laksanakan Insyaallah Sukses ada di genggaman kita,Amin Ya Rabb..
Sekarang kita langsung masuk ke materi,materi yang dibawakan Mr. Nicky bener-bener WOW banget deh,sangat bermanfaat buat siapa aja yang mau buka usaha tapi masih bingung usaha apa,nah untuk lebih jelasnya langsung aja yaa.

5 Jenis Bisnis Berdasarkan Aliran Uang Masuk
1.      Aliran uang masuk per hari
Bisnis Retail,Cafe,Minimarket,Warung,Distro,dll
2.      Aliran uang masuk per bulan
Kos-kosan, sekolah, supplier tetap,les privat,dll
3.      Aliran uang masuk per semester
Bimbingan belajar, supplier barang indent,dll
4.      Aliran uang masuk per tahun
Bisnis TK/Playgroup, Property dikontrakan
5.      Aliran uang masuk proyek
Travel, tender konstruksi

Produk berdasarkan kategori market
1.      Uptrend Market
Permintaan banyak+pemain sedikit => Produk bagus
2.      Downtrend Market
Permintaan banyak+pemain banyak => Sulit berkembang
3.      Trendless Market
*Produk lama kita kasih inovasi 
Inovasi :
Rename and Reposition (ex : Kebab)
Rebranding and Repackaging (ex : Magnum)


Desain Produk :
·        Packaging: Representatif&Persuasif
·        Kombinasi Pasar dan Produk
·        Hulu ke Hilir
Kalo pemainnya banyak, maka jadikan mereka sebagai target pasar kita
·        Berbasis Repeat Order
Produk berkualitas memiliki kelebihan dibanding pesaing lain
·        Tertancap Identitas Kontras
·        Merk mengorbit


Desain Merk
Merk Mengorbit
1.      Sesuaikan bidikan market : Buat ketertarikan sesuai target pasar
2.      Unik
3.      Mudah diucapkan dan diingat
Desain harga
Harga tepat
1.      Sesuai value
2.      Perkiraan kemampuan target pasar
3.      Ukur perkisaran harga pesaing
  
      Bangun Market
1.      Branding (Keterlihatan)
 3K : Konsisten, Kesan, Kolega
2.      Advertising (Iklan)
o   BBM
o   Brosur
o   Social Media : Twitter  & Facebook
o   Spanduk

Iklan :
1.      Headline : sesuai target (wants&needs)
apa yg membuat produk kita sangat penting bagi orang lain
Ex : “rahasia istri makin cantik…” “Inilah yang membuat saya sukses di usia muda…”
2.      Lead
“Itulah manfaat Smartpreneur…”
“Itulah pesan mas Ippho…”
3.      Body
o   Iming-iming hadiah
o   Keterdesakan : promo minggu ini, hari senin harga kembali normal
o   Testimoni

Marketing
Bidik Market dengan 5W + 1H :
1.      WHO : Siapa target pasar anda?
2.      WHERE : Dimana lokasi sasaran market anda?
3.      WHAT : Produk apa yan tepat? Apa kelebihan produk?
4.      WHEN : Waktu pemasaran produk
5.   WHY : Kenapa masyarakat harus beli? Apa manfaat yang mereka perolah? Apa kerugian yang mereka perolah? Alasan kenapa harus beli di toko anda?
6.      HOW : Bagaiman strategy marketing anda

Sekian dari kami, semoga ilmunya bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar