Rabu, 22 Oktober 2014

Internet Marketing by Mr. One

Pada Mata Kuliah Internet Marketing kami dibimbing oleh Pakar Internet Marketing di Kampus Umar Usman, yaitu Mr. One. Materi yang disampaikan benar-benar sangat bermanfaat untuk Pelesatan bisnis kita.Simak baik-baik yaa
Sebelum masuk materi  saya punya pertanyaan buat temen-temen :
Dijaman yang serba canggih dan apa-apa udah pake internet apakah kamu termasuk orang yang memanfaatkan media Internet untuk tindakan konsumtif atau memanfaatkannya untuk hal-hal yang bersifat poduktif?
Sayang  banget ya kalo internetan berjam-jam hanya untuk maen game ataupun belanja-belanja yang sifatnya konsumtif, padahal kalo kita manfaatkan internet dengan benar bisa menghasilkan banyak uang lho.
Nah , langsung aja kita masuk materi :
Faktor Kegagalan berbisnis On-line :  TIDAK FOKUS dan TIDAK TELATEN
Materi yang dibahas oleh Mr. One  :
A.      Cara menemukan ide bisnis, tanpa memiliki produk tapi bisa jualan
B.      Riset pasar dengan google
C.      Riset produk competitor
D.      Cara membuat Facebook dan Twitter untuk bisnis yang teroptimasi
E.       Facebook Ads

A. Ide Bisnis On-line :
  1.  Spesifik sehingga target pasar jelas.
  2.  Unik sehingga dicari orang.
  3.  Terjangkau dari sisi harga sehingga bisa booming.
  4.  Tidak Pasaran sehingga sedikit kompetitor.
  5.  Jika tidak punya produk kita bisa menjadi penjualnya.

B. Riset Pasar dengan Google
Sebelum melakukan riset di google, lakukan 2 hal ini :
1.       Ketik google.co.id di tab URL
2.       Clear History
3.       4 baris jadikan 10 baris
Kita bisa melakukan riset dengan :
1.       Google.co.id
2.       Google Trends
3.       Google Adword/Keyword Planner
Riset di google.co.id :
1.       Ketik produk yang ingin diriset di tab google
2.       Ambil 10 kata yang muncul
3.       Riset lagi dengan ketik  kata lain yang masih berhubungan dengan produk yang diriset (turunan kata)
4.       Riset minimal 60
Contoh :
Riset di Google Trends
1.       Ketik google trends di tab google
2.       Klik www.google.com/trends/
Sehingga muncul seperti ini :

3.       Ketik Produk yang ingin di riset di tab google trends,kemudian enter.
Ex : Ketik Hijab
4.       Ganti Worlwide jadi Indonesia, karena kita akan meriset pasar di Indonesia
Ketika sudah diubah ke Indonesia, maka grafik yang ditampilkan pun berubah. Grafik tersebut menunjukan naik turunnya jumlah orang di Indonesia yang  setiap harinya mencari Hijab melalui internet

5.       Selain grafik perkembangan , kita juga bisa melihat daerah mana saja yang ketertarikannya tinggi terhadap produk yang kita riset(produk yang akan kita jual)
Dengan mengetahui daerah mana saja yang tertarik dengan produk kita, kita jadi bisa memfokuskan target pasar kita,sehingga iklan yang kita buat akan lebih tersegment dan tepat sasaran

6.       Bisa kita lihat juga kata-kata yang sering di searching oleh orang-orang melalui internet
7.       Ambil kata-kata tersebut, kemudian cari lagi kata turunannya sampe terkumpul minimal 60

Riset di Google Adword/Keyword Planner
1.       Ketik google keyword planner di tab google
2.       Klik web yang dibelakangnya  ada tulisan keyword planner
3.       Akan muncul halaman google keyword planner,kemudian klik sign in

4.       Setelah sign in, klik tools(alat)  kemudian klik  telusuri ide kata kunci dan grup iklan baru
       Kemudian ketik produk yang akan di riset

6.       Pilih lokasi target pasar, ganti lokasi menjadi Indonesia

7.       Klik dapatkan ide, kemudian akan muncul tampilan seperti ini :
8.       Ambil minimal 60 Kata kunci Keyword Planner



C. Riset Produk Kompetitor
Untuk mengukur produk kompetitor kita bisa meriset nya di :
1.       Alexa.com
2.       Backlink watch

D. Membuat Facebook dan Twitter
1. Sebelum membuat Facebook dan twitter, buatlah email dengan nama yang tidak alay,nama email
yg sesuai dengan produk anda ( ambil kata kunci google.co.id )
2. Nama facebook dan twitter pun harus sesuai dengan kata kunci google.co.id yang sebelumnya sudah anda riset
3. Penuhi kaidah pembuatan Facebook dan Twitter
4. Upload Foto produk anda
5. Tulis Contact Person
6. Lakukan sociograb untuk memperbanyak teman anda

E. Facebook Ads
5 Tips Efektif Facebook  Ads
        Mobile only Ads
        Ads Your mobile
        Retargeting
       Experiment with your Post
       Rotate Your Creatif Design
10 Tahapan Facebook Ads
       Create Your Ads
       Choose what to advertise
       Set Your Ad Up
       Target Your Geografhic Area
        Target by Age & Gender
       Target the Precise Interest
       Target Your Ad based Connection
       SetUp Pricing and Objective
       Review Your Ads
       Launch Your Ads

0 komentar:

Posting Komentar