Rabu, 12 November 2014

Business Learning

Kegiatan bisnis learning ini dimulai dengan pengarahan dan simulasi kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa di tiap-tiap pos yang tersedia, pengarahan ini dilakukan di pelataran Museum Fatahillah di Kota Tua, Jakarta.
Sebelum memulai petualangan seru di Kota Tua ini, kami diwajibkan mengisi lembar jawaban yang masih kosong  dari pertanyaan yang tersedia di dalam amplop yang dibagi kepada masing-masing kelompok, uniknya didalam amplop tersebut ternyata ada kunci jawaban dari pertanyaan yang di berikan, tapi haram hukumnya untuk melirik bahkan melihat jawaban yang ada di lembar jawaban dalam amplop, ma syaa Alloh menguji kejujuran banget J
Pertanyaan tersebut ialah bagaimana rahasia sukses orang cina, jawaban pertanyaan tersebut kita ambil dari hikmah cerita yang ada didalam amplop tentang  dua orang yang merintis bisnis tambal ban bersama tapi setelah 30 tahun mendapatkan hasil yang berbeda, apa rahasianya? Jawabannya adalah tentang kerja keras, hemat serta uang yang terus diputar dalam usaha yang dijalankan.
Ada yel-yel baru dari Mr. Joss dan harus di nyanyikan oleh setiap kelompok yang siap melakukan tugas di pos yang didatangi, yuk disimak J
U2 ne suci dalam pikiran
U2 ne benar jika berkata
     U2 ne tepat dalam tindakan
U2ne dapat dipercaya
Setiap pos terdapat didalam beberapa museum yang ditentukan, yaitu
1. Museum Bank Indonesia yang terdiri dari 4 pos
2. Museum Wayang terdiri dari 4 pos, dan
3. Museum Keramik terdiri dari 3 pos
Setiap kelompok  dibebaskan memilih museum mana yang akan di kunjungi  terlebih  dahulu dari 3 museum yang harus dikunjungi. Jika semua pos dalam museum pertama maka mahasiswa wajib melaksanakan misi lainnya di pos museum yang lain. Kelompok kami memutuskan untuk  menyelesaikan misi di museum keramik terlebih dahulu.
Pos pertama kami menyelesaikan tugas dari Miss Cuvi, kami menyusun kata yang telah diacak sebelumnya, kami menyusun kata tersebut setelah Miss Cuvi membacakan clue dari kalimat acak tersebut“Satu-satunya yang menjamin rasa aman didunia ini adalah pengetahuan,pengalaman dan kemampuan. ~ Klu Miss , kalimat yang tersusun dengan benar adalah

Kendalikan sediaan dengan sistematis, kecerobohan menciptakan kekacauan
Maksudnya adalah kita sebagai seorang pengusaha harus mampu mengendalikan sediaan barang yang ada, sediaan yang disusun secara sistematis akan sangat menguntungkan pengusaha dan melancarkan bisnis yang dijalani. Sediaan yang berlebih akan sangat mengganggu ketertiban pemasukan dan pengeluaran, sedangkan sediaan yang kurang akan sangat merugikan pengusaha karena kemungkinan akan mengurangi tingkat kepercayaan dari konsumen.
Kami melanjutkan misi ke pos lain di museum keramik adalah Mr.Fadh, kami menyusun kalimat


Periksalah dengan cermat semua nota pemasukan dan pengeluaran, kealpaan berakibat mahal
Semua nota pemasukan dan pengeluaran yang tersusun dengan sistematis dan diperiksa dalam waktu berkala akan sangat membantu dan mengontrok kondisi keuangan kita, serta kita dapat melihat kinerja perusahaan yang sedang kita jalani. Nota yang diperiksa secara teliti juga memperkecil kemungkinan terjadinya korupsi atau penggelapan uang perusahaan.
Pos ketiga yang kami kunjungi berada di lantai dua museum keramik, dan kami menemui Miss Muji di museum Wayang , kalimatnya adalah

Adillah dan tidak pilih kasih terhadap karyawan, prasangka menimbulkan kemalasan
Dengan berlaku sama kepada seluruh karyawan yang kita pimpin, maka karyawan akan bekerja dengan sungguh-sungguh. Adil dan tidak pilih kasih disini, kita memperlakukan karyawan dengan baik, yaitu memberikan bonus atau pujian kepada karyawan yang berprestasi dan memberikan surat peringatan atau teguran kepada karyawan yang melakukan kesalahan,.
Mr. One di Museum Bank Indonesia pos rempah-rempah, kalimatnya adalah

Rajinlah dan tekun berusaha, kemalasan berakibat petaka
Rajin akan sangat berbanding lurus dengan usaha yang kita lakukan, berusaha pantang menyerah maka kita akan dapatkan apa yang kita inginkan, kemalasan akan mengacaukan semuanya, mulai dari tidak adanya kedisiplinan pada usaha maka akan merugikan perusahaan.

Janganlah menyia-nyiakan kesempatan, penundaan menghilangkan peluang
Kesempatan hanya didapatkan jika kita melakukannya sekarang, tanpa menunda!

Ramahlah pada setiap orang, ketidaksabaran mendatangkan kerugian
Sikap ramah akan sangat membantu usaha kita dan memperbanyak kostumer
 Miss Rara di Museum Bank Indonesia di  pos telepon,  kalimatnya adalah

Hematlah dalam pengeluaran, pemborosan menggerogoti modal
Dengan berhemat, kita dapat mengalokasikan dana konsumsi kita atau dana berlebih kita untuk modal usaha kita.

Business Learning by Umar 4A @ Museum Wayang

Setelah arahan dari mentor selesai kami pun berti` ga langsung cabut bergegas ke Museum Wayang,  Aku, Boss Nissa dan Boss Rama langsung masuk kedalam museum,  setelah administrasi tiket masuk selesai kami pun beranjak mencari-cari mentor untuk memulai games sejarah dan bisnis ini.

Didekat Alat Musik Gong, kami temui Miss Gita, tanpa basa-basi langsung kami serbu dengan laporan dan nyanyian password U2 Ne, setelah selesai nyanyikan password kami pun  bertanya:  “apa yang harus kami lakukan miss?” Lalu dijawabnya : “kalian disuruh menyusun puzzle kata”, tanpa berfikir panjang kami pun minta lembaran-lembaran kata puzzle untuk kami susun menjadi satu kalimat bisnis yang memotivasi.  Selesai menyusun puzzle,kami minta bantuan Miss Gita untuk fotokan agenda kami sebagai dokumentasi untuk blog ini. “Kerugian bukan hanya membuat uang semakin berkurang tapi juga menggerus kekuatan mental ~ Klu Miss Ghita”

Setelah selesai games di Pos Miss Ghita, kami pun meluncur ke Pos Mr Go yang tak jauh dari Pos Miss Ghita. Selesai laporan dan  menyanyikan password kami di pusingkan untuk  mengamati berbagai jenis wayang dan tokoh tokoh dalam pewayangan. Diceritakannya tokoh tokoh pewayangan seperti  Gareng, Petruk, Semar, Bagong,  ada Lembusura, Ramawijaya, Gatot kaca, Arjuna, jenis-jenis wayang : Wayang Golek, Wayang Kulit, Wayang Orang, bahkan 2 kitab dalam pewayangan yakni kitab Mahabarata dan Kitab Ramayana. Kami diberikan susunan puzzle untuk kami susun agar menjadi satu kalimat yang saling melengkapi. “Jangan mudah Percaya karena data atau kepercayaan umum belum tentu benar ~ Klu Mr Go “

Selesai dari Pos Mr Go , kami mencari dimana Pos nya Miss Ly , setelah muter-muter akhirnya ketemu juga dimana letak Posnya Miss Ly, beliau pun menyapa kami. Seperti biasa kami pun laporan dan menyanyikan Password, beliau pun tanpa basa basi lalu membacakan Klu nya.  “Si kikir tidak akan pernah menjadi lebih kaya karena orang lain akan membalas sikap kikirnya”. Setelah klu selesai dibacakan kami pun diberikan puzzle untuk kami susun menjadi sebuah kalimat. Tak lama ngotak-ngatik langsung tertata satu kalimat motivasi. Selesai dari Pos Miss Ly kami pun berlari menuju Pos selanjutnya,yakni pos nya Mr Go.

Pos Miss Ly sudah selesai kami singgahi, kami pun bergegas langsung ke Pos nya Mr Joss, lalu beliau kami suguhi dengan laporan dan password, selesai laporan seperti biasa kami menyusun puzzle untuk dijadikan suatu kalimat movasi. “Tegas dan jelaslah dalam bernegosiasi agar semua jadi serba pasti ~ Klu Mr Joss” dan kami pun menuju 3 Pos berikutnya yang terdapat dimuseum Keramik. Yakni pos Miss Cuvi,Mr Fad dan Pos Miss Muji


 Pos Pos yang ada di Museum Wayang telah kami singgahi semua, kini kami langsung lari ke Museum berikutnya, Museum Keramik yang tak jauh dari Museum Wayang.  Kami pun langsung urus administrasi tiket masuk, kami masuk museum keramik tersebut, selang berapa lama, kami pun menemui salah satu pos yaitu posnya Miss Cuvi, seperti biasa kami laporan dan menyanyikan password . kami menyusun puzzle yang diberikan seperti pada pos pos sebelumnya.

Nah itulah Ilmu yang kami peroleh dari Business Learning di kota tua, semoga bermanfaat




0 komentar:

Posting Komentar