Mr. Muhammad Ruvi
Jakarta, 06 November 2014
Marketing communication
Memulai
dari sector yang anda miliki, contohnya donut vs cronut mereka memfokuskan diri
di New York sehingga mereka booming di New York dan berkembang ke Negara-Negara
lainnya. Dalam bisnis, pemain lama donut menggunakan strategy bertahan dan ini sangat
menentukan eksis atau tidaknya bisnis ini di masa depan, akan tetapi dengan varian-varian
baru dari produk original yang ada tidak selalu mendapatkan respon yang baik,
seperti D***kin Donut yang menciptakan varian
baru yaitu donut sandwich, ini mendapatkan respon yang beragam dari kostumer,
dan menu ini tidak bertahan lama karena apa yang kita suka tidak selalu di
sukai oleh seluruh konsumen, dalam membentuk bisnis atau varian baru bermainlah
di semua social media dan rangkul semua masyarakat di social media tersebut
agar mereka tau apa yang kita variasikan. Sebuah produk jangan bersifat impulsive atau one time, tapi bisnis
harus as long as possible.
Marketing
communication.
1.
Social media
2.
The industrial revolutions
Seseorang
yang tertarik dengan suatu produk yang di posting oleh seseorang di social
medianya akan bertanya “belidimana?” dan pertanyaan ini ditanyakan melalui
social media.
3.
Integrate All Communications
Dilakukan
secara offline maupun online dengan system yang baik dan terus-menerus.
4.
Direct
mail
Dimana
produk impulsive yang biasanya menggunakan direct mail
5.
Packaging
6.
Retail
7.
store
Marketing
communications tools for consumer psychology and behavior yang menimbulkan awareness
dan anawarness. Marketing communications tools adalah
1.
Sponsorship
2.
Selling
3.
Direct mail
4.
Packaging
5.
Point of sale
6.
Exhibition
7.
Sales promo
Dimana social media mampu melakukan semuanya kegiatan marketing social
tools diatas.
Brand
A
brand is not a logo, is not a identity, is not a product, it’s a good feeling
because people an emotional, intuitive beings, it’s not what you say it is, it’s
what they say it is..jadi jangan sampai taste enak suatu produk itu keluar dari
mulut ownernya, tapi memang orang-orang yang mengatakannya. Branding memang tentang
apa yang mereka nilai dan mereka rasakan tentang suatu produk.
Why is branding
so hot?
1.
People have too many choices and too little
time.
2.
Most offering have similar quality and features
3.
We tend to base our buying choices on trust
Trust= reliability
+ delight
Trust
come from meeting and beating costumer expectation. Dengan adanya reliable dan
delight atau kepuasaan seseorang terhadap sesuatu yang sesuai harapannya maka akan
memunculkan trust pada konsumen.
5 ways to measure
brand value:
1. Price
premium
2. Costumer
preference
3. Replacement
cost
4. Stock
price
5. Future
earnings
The main purpose
of branding is to get MORE PEOPLE to buy MORE STUFF for MORE
YEARS at a HIGHER PRICE.
Bang
: posting and advertise (ledakan)
Buck
:uang
Thinkers
a.
Creative thinkers : intuitive, emotional,
spatial, visual and psysical
b.
Strategic thinkers : analytical, logical,
linear, numerical and verbal
When both sides work together, you can build a charismatic brand. A
Charismatic brand is any product, service or organitation for which people
believe theres no subtitutions.
Discipline brand-building
1.
Differentiate
Faktanya
otak akan memfilter seluruh informasi yang ada dan memprotec tkita dari informasi
yang berlebihan, sehingga otak kita akan muda hmencerna dan menerima bahkan menyimpan
memori jangka panjang jika sesuatu itu berbeda dari yang lain. Yang paling
penting dalam “be different” adalah focus—focus—focus.
The
focus test—who are you? What do you do? Why does it matter?
2.
Collaborate
Building
a brand is a collaborative project. Ada 3 basic models untuk kolaborasi brand,
yaitu
a.
The one-stop shop
b.
The brand agency
c.
The integrated marketing team
3.
Innovate
The integrated
marketing team is manage internally with open collaboration among
best-of-treed.
0 komentar:
Posting Komentar