Rabu, 12 November 2014

Business Spirituality

Mengawali senin 20 oktober 2014 ini, tim kampus bisnis umar usman mengadakan kegiatan diluar kampus, dengan penangggung jawab lapangan adalah Miss Rara yang cantik kami melakukan bisnis spiritual di Masjid Kubah Mas Dian Al-Mahri Depok, apa saja kegiatan kita? yuk disimak...
Dalam kegiatan kali ini mahasiswa diwajibkan untuk memakai pakaian muslim, untuk ikhwan memakai koko dan akhwat memakai baju muslimah yang menutup aurat. Kami dijadwalkan berkumpul di Depok pukul 10:00 WIB, lalu kami melakukan briefing pagi untuk kegiatan hari ini dengan tim manajemen di mushola dekat dengan parkiran motor pengunjung Masjid Kubah Mas. Dalam briefing kali ini kami dijelaskan tentang semangat sedekah, dakwah dan kemanfaatan untuk umat, kami diharapkan melihat sendiri bagaimana orang yang mengazamkan dirinya untuk menyedekahkan sebagian besar hartanya, dan sedekah itulah yang membuat ia bisa membangun Masjid megah ini, dimana setiap pengunjung bukan saja kagum dengan ini, tapi setiap pengunjung yang datang dan tiba waktu shalat maka secara otomatis mereka akan shalat berjamaah disini, dakwah yang asyik bukan?.
Dari Masjid ini kita juga bisa belajar bagaimana harus menjadi muslim yang kaya dan berkah berlimpah, sehingga manfaat bisa dirasakan oleh setiap masyarakat. Yang saya amati, dengan adanya Masjid Kubah Mas ini, masyarakat sekitar lebih produktif dan lebih baik perekonomiannya. Bagaimana tidak, banyaknya penjual makanan, minuman, kerudung, pakaian muslimah, souvenir, oleh-oleh dan lain-lainnya yang membuat roda perekonomian masyarakat sekitar tetap berputar. Belum lagi setiap orang yang datang juga pasti ingin menjadi muslim kaya manfaat, mendirikan pusat dakwah, mendirikan rumah Alloh dengan sebaik-baik bangunan dan perawatan. Bagaimana pahala yang mengalir dari pemilik Masjid ini? Maa Syaa Alloh, Alloh lah sebaik-baik pemberi balasan..silahkan dibaca surah al-hadid surah ke 57 dalam Al-Qur'an.
Setelah briefing dari tim Manajemen Umar Usman selesai kami melanjutkan kegiatan utama kita yaitu...hafalan dan dites hafalan surah Ar-Rohman ayat 1-30.
kita diberikan waktu untuk murajaah hafalan Ar-Rohman 1-30 dari jam 11:00 sampai dzuhur. Kenapa murajaah hafalan? murajaah berarti mengulang hafalan yang sudah ada, dimana mahasiswa Umar Usman sebelumnya memang suda menghafal ayat 1-30 ini dalam waktu hampir 3 minggu yang dipantau dari lembar mutaba'ah. Setelah hafalan dirasa cukup, maka kami melaksanakan shalat dzuhur karena adzan telah memanggil kita untuk rehat sejenak dari kefanaan, dan kembali kepada Alloh penggenggam kekayaan. Lalu kami melakukan makan siang di tenda-tenda warung makan yang berjejeran di pintu masuk gerbang Masjid Dian Al-Mahri. Kami berkumpul jam 13:00 WIB, dan dites hafalan 1-30 surah Ar-Rohman dengan tiga lapis hafalan.
Yang pertama, kami dites dengan cara membaca ayat 1-30 secara berurutan, yang kedua dengan ayat berurutan tapi ditunjuk acak oleh pembina hafalan dan yang ketiha kami diharuskan melanjutkan ayat uang dibacakan pembina hafalan sampai pembina tersebut mengatakan "stop" maka selesai tes hafalan kali ini.
Mahasiswa dites berdasarkan kelompok yang sudah dibagi, setelah semua kelompok selesai dites maka kami di briefing kembali, dalam briefing ini diumumkan bahwa ada mahasiswa yang harus memperbaiki hafalannya dengan catatan harus mengumpulkan barang berharganya seperti dompet, hp atau jam tangan yang hanya boleh diambil esok hari selasa tanggal 21 oktober dikampus jam 10:00 pagi dengan tes ulang hafalan ayat 1-30 surah Ar-Rahman, jika tidak maka barang-barang tersebut harus diikhlaskan untuk dilelang atau disedekahkan, dengan aturan ini diharapkan mahasiswa lebih semangat dalam menghafal al-qur'an.



by: Sofi Aryani SR

0 komentar:

Posting Komentar