Kemasan
sebuah produk merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi banyaknya penjualan
atau minatnya konsumen terhadap produk tersebut.
Kebanyakan beberapa pengusaha
diluar sana berfikir bahwa kualitas sebuah produk dan cara pemasaran jauh lebih
diutamakan untuk meningkatkan penjualan, dibandingkan fokus pada kemasan
produk. Padahal beberapa unsur yang mempengaruhi penjualan produk seperti
kualitas produk, pelayanan, pemasaran, dan kemasan juga saling mendukung satu
sama lain. Jadi, belum tentu juga jika produk dengan kualitas yang bagus maka
akan banyak peminatnya, kecuali bila konsumen tersebut benar-benar
membutuhkannya. Kemasan suatu produk inilah yang mungkin perlu Anda pikirkan
sebagai bagian dari strategi pemasaran.
Dibawah ini ada beberapa hal
yang berkaitan dengan sebuah kemasan produk, seperti fungsi, manfaat, serta
strategi marketing.
Fungsi
Tujuan atau fungsi utama dari
adanya kemasan produk adalah, untuk melindungi produk dari goresan atau cacat
produk yang membuat produk menjadi rusak. Selain itu juga kemasan produk tidak
hanya difungsikan pada saat proses pendistribusian barang dari pabrik ke
beberapa distributor, tapi kemasan produk juga bisa melindungi produk ketika
berada di toko-toko retail.
Daya Tarik
Umumnya banyak perusahaan
melakukan sebuah riset terlebih dahulu tentang skema warna, desain, maupun
jenis pada sebuah kemasan produk yang akan dipasarkannya. Hal ini dilakukan
agar tingkat pemasaran produknya jauh lebih luas lagi. Jika Anda ingin produk
yang Anda jual banyak peminatnya, maka Anda bisa menyiapkan desain packaging
yang tepat untuk produk Anda. Karena seperti yang sudah disampaikan
sebelumnya, salah satu yang membuat produk tersebut bisa laku adalah kemasan
produk yang bisa menjadi daya tarik bagi pelanggan.
Promosi
Sebuah kemasan produk juga
berperan penting dalam memberikan informasi produk seperti, manfaat, kegunaan,
tagline, maupun cara pembuatan. Semuanya bisa dicantumkan pada desain kemasan
agar konsumen tahu tentang manfaat dari produk tersebut, yang terpenting
janganlah menyampaikan semuanya hingga desain menjadi penuh dan malah membuat
konsumen menjadi jenuh melihanya.
Mendukung keputusan
Berbelanja
Anda sebagai pemilik produk
bebas mencantumkan informasi apapun yang nantinya bisa mempengaruhi konsumen
untuk melakukan keputusan membeli produk Anda. Akan tetapi jangan terlalu
berlebihan dalam menyampaikan seluruh informasi yang Anda miliki.
Diferensiasi
Kemasan juga bisa dijadikan
sebagai identitas bagi sebuah produk, misalnya ada beberapa produk A dan B yang
ditata rapi pada sebuah toko, produk tersebut secara fungsi sama, rasa bisa
dikatakan hampir sama, namun karena kemasannya berbeda bisa jadi konsumen akan
lebih cenderung memilih produk yang memiliki kemasan yang menarik menurutnya.
Apa yang harus ada dalam
Kemasan?
0 komentar:
Posting Komentar