Kamis, 27 November 2014

KEBAB TURKI BABARAFI



Pagi itu, aku dan dhani berangkat menuju Babarafi Entreprise, dengan menaiki motor SUPRA handalnya, dhani mengegas-ngegas motornya dengan semangat yang membara berharap mendapat ilmu yang berharga di Babarafi Entreprise. Pukul 8.30 wib tepat aku dan dhani sampai di Babarafi Entreprise, setelah masuk ke Gedung, kami disambut dengan sangat ramah oleh Para Manajemen Kampus Bisnis Umar Usman.
Selagi menunggu teman-teman Umar 4, aku pun beranjak dari lantai 3,dimana semua mahasiswa umar usman berkumpul untuk menuju halaman depan gedung,karena masih banyak anggota tim saya, UMAR 4 yang belum tiba di sini.

Satu persatu anggota Umar 4 pun datang, mulai Rama,Rafiqi,Sofie,Nissa,Afra,Adi,Gamal sampai Naldo, sesi pada hari itu pun dimulai, semua mahasiswa digiring oleh Mba MUTIA bukan nama sebenarnya,hehe untuk memasuki ruangan presentasi, sekaligus memperkenalkan ruangan kerja yang ada dilantai 3
Presentasi pun dimulai, mulai dari Vidio Profil kebab turki babarafi,vidio happy,vidio harlem shake, oke kebab turki babarafi bermula pada sebuah produk yang dijual dikaki lima disebuah sudut kota surabaya pada tahun 2003, lalu sekarang sudah berkembang hampir seluruh Indonesia dan sudah mulai merambah ke belahan dunia lain.
Kantor pusatnya ada di Jakarta dan di Surabaya, dengan lebih dari 1000 Outleat dan sekitar 984 Pekerja, ini adalah tipe dari outleat babarafi, mulai gerobak kaki lima, outleat sampai bergaya restoran yang ada di Mall, dan ada beberapa  makanan yang dijual, mulai kebab sampai pizza. Dan visi kami agar menjadi waralaba terbesar dan profitable ini, selain itu  juga mengembangkan untuk SDM dan konsisten terhadap dunia sosial dilingkungan Babarafi.
PT. Babarafi Indonesia memiliki beberapa anak perusahaan PT. Garang sejahtera,Piramiza, PT. Panen Raya Indonesia sampai Ayam Bakar Mas Mono.    Pada tahun 2009 Kebab Turki Babarafi berada diperingkat ke 8 dibawahnya Startbuck,Jco dan ditahun 2013 Kebab Turki Babarafi berhasil menduduki diperingkat ke 4 dibawah KFC,Alfamart,Indomaret,Lalu untuk Perusahaan yang menjual Kebab, Babarafi menduduki Peringkat pertama di dunia, diatas nya Kebab Aladdin yang berasal dari China.
Ada Struktur Organisasi dari Perusahan Babarafi, mulai CEO adalah Hendy  Setiono Marketing Header yakni Ibu Nilam Sari Istri dari Pak Hendy, Bpk Indra Suhardi selaku Geneneral Manajer, dan sebagainya.
Sekarang Babarafi telah merambah ke Filipina dan Malaysia, dan sudah ada penandatanganan Franchise di Singapura,Brunei Darussalam. Dan ikut inspaksi ke Eropa yakni di Belanda. Dan Insya Allah akan dibuka pada tahun 2015.

Selesai sudah presentasi yang dipaparkan oleh MBA MUTIA, setelah itu kami pun diarak untuk keliling keseluruh bagian gedung yang berisi oleh para pekerja, sampai ke bagian produksi, nah uniknya saat produksi kami dilarang untuk mengambil Foto, dikarenakan produksi nya sangat privasi, disini kami di pandu oleh Pak Sugeng asal dari Solo yang menjadi manajer Produksi, seperti proses pemotongan dan penggilingan, selain itu produksi tortilla, dalam satu hari bisa 1 ton, kalo tortilla langsung di kirim ke bagian logistik untuk didistribusikan ke outleat outleat, nah kalo dagingnya di bekukan dulu selama 2 hari,lalu kami di ajak  memasuki salah satu ruangan penyimpanan daging yang bersuhu -18 sampai -20. Ada 2 kg dan 4kg jenis daging yang disimpan di ruangan ini.

Selesai sudah acara yang dipandu oleh pak sugengn selaku kepala produksi, acara selanjutnya kami menuju ruangan presentasi lagi untuk mendengarkan presentasi dari Mattius dari Polandia, acara yang ditunggu tunggu pun tiba, Mattius memasukiruangan,disambutlah dengan tepuk tangan, awalnya dia memakai bahasa indonesia, habis itu kok malah pakai bahasa inggris, jadi ga ngerti aku, hehe

Selesai sudah materi presentasi yang di sampaikan Mattius yang mencangkup tips tips memulai dan mengembangkan Bisnis. Dan satu lagi yang ga boleh tertinggal adalah acara Uji Coba memasak Kebab, ada yang unik daril sisi ini, dari keempat mahasiswa yang dipersilahkan semuanya anak Umar 4 semua, yakni Adi,Sofi, Ayu dan Aku sendiri, serakah banget yah, haha
Mulai dari awal pembuatan kebab sampai akhir kami berempat diajari dengan sabarnya oleh kokinya walaupun hasilnya Amburadul, hehe
Selesai itu kami semua mendapat kebab dan air mineral satu-satu, dan acara penutup kami adalah foto bersama Mba Mutia dan Mattius di lantai Paling Atas, didekat landasan Helipkoternya H miliknya Mas Hendi. Kesempatan foto dan selfi bareng Mattius tak mau kami lewatkan. Setelah itu acaranya pun selesai sudah, para Mahasiswa diizinkan untuk pulang walau di Langit lagi mendung mendungnya, semua hal pasti ada artinya, teruslah belajar,dimana,kapan saja dan sama siapa, karna belajar ga harus di bangku sekolahan..

Wassalam
Penulis
Awi “Jaya” Wahyudi

0 komentar:

Posting Komentar